Fri. Jun 21st, 2024

Riau, 29 Mei 2024 – Presiden Joko Widodo dijadwalkan mengunjungi Provinsi Riau pada bulan Juni ini. Namun, kunjungannya diperkirakan akan diwarnai oleh aksi demonstrasi dari masyarakat Suku Sakai. Demonstrasi ini direncanakan sebagai bentuk protes terhadap konflik lahan yang telah berlangsung lama di wilayah tersebut.

Masyarakat Suku Sakai menuntut penyelesaian sengketa lahan seluas 361 hektar yang mereka klaim telah dirampas oleh perusahaan-perusahaan perkebunan sawit. Konflik ini telah menyebabkan ketidakpastian dan penderitaan bagi komunitas Sakai, yang menggantungkan hidup mereka pada tanah tersebut.

Pada beberapa kesempatan sebelumnya, masyarakat Sakai telah melakukan berbagai bentuk protes . Mereka berharap tindakan ini dapat menarik perhatian pemerintah pusat dan mendorong penyelesaian konflik yang adil

Kedatangan Jokowi di Riau akan menjadi momen krusial bagi masyarakat Sakai yang berharap pemerintah akan memberikan perhatian lebih serius terhadap penderitaan mereka dan segera mengakhiri konflik lahan yang telah berlangsung bertahun-tahun. Demonstrasi ini diharapkan dapat mengingatkan pemerintah bahwa penyelesaian sengketa lahan adalah prioritas yang tidak bisa ditunda lagi.

Baca Juga  Tilang elektronik diterapkan di Riau Kepulauan pada September

Saat ini ada satu tokoh pemuda sakai Ketua anak cucu sakai bathin sobanga ditangkap dan ditahan di polda Riau pada tgl 22 mei 2024..
Dengan tuduhan pencurian buah sawit laporan security pt murini yang dimana locus objek nya tidak benar tapi tetap di lanjutkan proses hukum nya oleh polsek mandau sehingga di ambil alih oleh polda riau perkara tersebut

Bagikan

By Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *